ANALISIS KOMPARATIF PEMBELAJARAN SEGIEMPAT MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONVENSIONAL
Abstract
Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimental yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan pendekatan pendekatan realistik dan kelompok kontrol dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan sampel pembelajaran matematika realistik dengan konvensional pada siswa kelas VII di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Probolinggo dan dipilih dua kelas secara acak sebagai penelitian. Analisis data dengan menggunakan software SPSS versi 22.0 yang terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sig < 0,05,
Full Text:
PDFReferences
Asriyanti, Frita Devi, and Lilis Ariantul Janah. “Analisis Gaya Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 183–187, doi:10.17977/um027v3i22018p183.
Hanafy, Muh. Sain. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, vol. 17, no. 1, 2014, pp. 66–79, doi:10.24252/lp.2014v17n1a5.
Liwis, Nipi, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng.” E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 116–126.
Novita, Rina, and Ramlah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kratif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Kemampuan Awal.” MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, vol. 8, no. 2, 2021, pp. 159–167.
Rahmawati, Yulia. “Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau Pada Materi Teorema Pythagoras.” Jurnal Azimut, vol. 3, no. 2013, 2020, pp. 22–29.
Rangkuti, Ahmad Nizar. “Kontruktivisme Dan Pembelajaran Matematika.” Jurnal Darul Ilmi, vol. 02, no. 02, 2014, pp. 61–76.
Santoso, Erik. “Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 1, 2017, doi:10.31949/jcp.v3i1.407.
Septian, Ari, and Elsa Komala. “Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp.” Prisma, vol. 8, no. 1, 2019, p. 1, doi:10.35194/jp.v8i1.438.
Syahri, Andi Alim. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii.” MaPan, vol. 5, no. 2, 2017, pp. 216–35, doi:10.24252/mapan.v5n2a5.
Yulia, Putri, and Siti Jamaliah. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pmri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 28 Batam. no. 2, 2016, pp. 158–164.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.4096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.