BELAJAR GEOMETRI TRANSFORMASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model problem based learning berbantuan bahan ajar etnomatematika. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah jenis pre eksperimental dengan model one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTsN 11 Majalengka, pengambilan sampel dilakukan dengan metoda acak kelas dan terpilih satu kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu siswa kelas IX-A MTsN 11. Penelitian dilaksanakan selama 6 kali pertemuan yang terdiri dari 1 kali pre-test, 1 kali post-test dan 4 kali proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada bulan Februari 2022. Soal yang diberikan merupakan soal geometri transformasi yang terdiri dari translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan bahan ajar etnomatematika.
Full Text:
PDFReferences
Aini, E. P., & Masykur, R. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. 1(1), 73–79.
Amin, I., & Mariani, S. (2017). PME Learning Model : The Conceptual Theoretical Study Of Metacognition Learning In Mathematics Problem Solving Based On Constructivism. IEJME-Mathematics Education, 12(4), 333–352.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hasanah, N., Sri, T., Asih, N., & Kharisudin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners. 2, 622–628.
Herdianto, E. N., Indriati, D., & others. (2021). E-book Based on Mobile Learning Used Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Problem-Solving Ability in Statistical Material. Journal of Physics: Conference Series, 1808(1), 12066.
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika, 2(2), 224–235.
Nguyen, N.-G. (2020). Using the Problem-Based Learning in STEM Teaching About Bamboo Toothpick Houses. International Education Studies, 13(12), 70. https://doi.org/10.5539/ies.v13n12p70
Ni’mah, L., Junaedi, I., & Mariani, S. (2017). Mathematical Literacy’S Vocational Students Based on Logical and Numerical Reasoning. Infinity Journal, 6(2), 95. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p95-110
Nisa, F. F., Nurjamil, D., & Muhtadi, D. (2019). Studi etnomatematika pada aktivitas urang sunda dalam menentukan pernikahan, pertanian dan mencari benda hilang. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 63–74.
Parwati, N. N., & , I Gusti Putu Sudiarta , I Made Mariawan, I. W. W. (2015). LOCAL WISDOM-ORIENTED PROBLEM-SOLVING LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING ABILITY. Journal of Technology and Science Education, 5(3), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.3926/jotse.401
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Retno, E., Haryanti, M. D., Sri, T., & Asih, N. (2019). Students’ problem solving ability in thinking aloud pair problem solving learning assisted by schoology viewed from mathematical disposition. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 14–18. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.26344
Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3757
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sujadi, I. (2018). Peran Pembelajaran Matematika pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa di Era Revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18, 1–13.
Sukestiyarno, Y. dan N. C. (2016). Pembelajaran React Berbantuan Modul Etnomatematika Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50–59. https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=146
SUTRISNO. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SD-IT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. IAIN Purwokerto.
Syafrizal, A., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Differences in Increasing The Ability of Reasoning in Problem Based Learning Model and Computer-Based Group Investigation. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 3(2), 51. https://doi.org/10.29103/mjml.v3i2.2422
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 112–118.
Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. JPhCS, 948(1), 12004.
Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The impact of problem-based learning approach tosenior high school students’ mathematics critical thinking ability. Journal on Mathematics Education, 6(2), 30–38. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2165.107-116
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran Sains Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1389
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v7i1.4044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.