PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK

Erik Santoso

Abstract


Tujuan utama dari pengajaran matematika disetiap jenjang pendidikan adalah terciptanya kemampuan peserta didik yang tercermin dalam kemampuan berfikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif serta displin dalam memecahkan suatu permasalahan matematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model GI terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui postespemecahan masalah matematis peserta didik yang dilakukan diakhir setelah pembelajaran selesai pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Skor postes bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, serta dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf nyata pengujian α=5% diperoleh  kesimpulankemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model koperatif GI lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini berarti model koperatif GI berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik

 

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematik, Model Pembelajaran Koperatif Group Investigation, Materi Eksponen dan Logaritma


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i1.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.