ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAMPAK: MODEL PEMBELAJARAN ATI BERBANTUAN QUESTION CARD
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., & El Walida, S. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa.
Ade Hermawan, Eny Enawaty, & Erlina. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Atom. Vol. 3 No. 1.
Agustini, K. (2013). Pengaruh Penggunaan Simulasi Binary Tree Berbasis Cai Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Diskrit Mahasiswa Jurusan PTI Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(1).
Agustyaningrum, N. (2011). Implementasi model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 377.
Aprilia, R. R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Kelas Vii Mts Ma’arif Nu 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(1), 75–92.
Arends, R. I. (2007). Learning to teach (7. ed). McGraw-Hill.
Ariasa, K. M. (2018). Pengaruh Model Ati Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1).
Bintari, S. H., & Martuti, N. K. T. (2012). Pembelajaran Materi Virus Menggunakan Media Kartu Bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo. Journal of Biology Education, 1(2).
Erniati, E., Wahyono, U., & Nurjannah, N. (n.d.). Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(1), 8–13.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.
Gelis Juliandini, & Zainuddin Muchtar. (2018). The Differences Of Chemical Learning Outcomes Using Students Work Sheet And Question Cards With NHT Type Of Cooperative Models In Salt Hydrolysis. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan, Vol. 10 N0. 3, 424–427.
Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2).
HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.
Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105–115.
Inda, D. H. (2017). Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri. Prosiding. Dalam:, Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 231–234.
Kusmawati, A. (2020). Pengendalian Mutu Tenaga Pendidik Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur. DedikasI, 20(2), 32–51.
Kusyanti, R. N. T. (2013). Pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran animasi fisika yang tidak sesuai fisika. Berkala Fisika Indonesia, 5(1), 20-.
Mudyahardjo, R. (2013). Pengantar Pendiidkan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Rajawali Pers.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, No. 2, 181–190.
Novi Yannidah, Lambang Kurniawan, & Aunillah. (2013). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada Efektivitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 1 No. 1.
Nuraini, O., Ainy, C., & Suprapti, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 86–104.
Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130.
Putra, A. A. N. M., Renda, N. T., & Syahruddin, S. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 17(1), 129–149.
Saregar, A., Diani, R., & Kholid, R. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy): Dampak terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 28–35.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.
Supatmono, C. (2009). Matematika Asyik. PT Grasindo.
Susanti, F., Ayub, S., & Taufik, M. (2017). Perbedaan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) berbantuan kartu soal dengan model pembelajaran direct instruction di sman 7 mataram tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 147–153.
Waluya, B. (2008). Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi FPIPS UPI, 2(1), 1–9.
Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Bagi Peserta Didik Dengan Visual Impairment Di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23.
Willis Dahar, R. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.
Winarsih, S. (2017). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 15(2), 51–66.
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.
Wirati, N. A., I Wyn. Sujana, & I.G.A. Agung Sri Asri. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SETS (Science Environment Technology And Society) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2 No. 1.
Yannidah, N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada Efektivitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 1–12.
Yu-chu Yeh, & Chun Fu Lin. (2015). Aptitude-Treatment Interactions during Creativity Training in E-Learning: How Meaning-Making, Self-Regulation, and Knowledge Management Influence Creativity. Edecational Technology & Society, Vol. 18 No.1, 119–131.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.2569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.