EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan dari model project-based learning (PjBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah statistika dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2019 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 64 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen dengan 34 mahasiswa. Sedangkan kelas kontrol kelas IIb dengan jumlah 30 orang . Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes dan angket respon mahasiswa. Instrumen tes berupa soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Analisis data menggunakan: (1) uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis yang terdiri dari uji Anova dan uji statistik multivariate analisis varian (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL efektif dalam ditinjau kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran statistik dasar.
Full Text:
PDFReferences
Adi , G., J, Putu, L., P, & Wayan, R. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas III, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017
Beres, P. J. (2011). Project-based learning and its effect on motivation in the adolescent mathematics classroom., University of New York
Boss S., & Krauss, J. (2007). Reinventing project-based learning. Washington DC: ISTE
Eka, D, Karyanto,P, & Sugiharto, B. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar, BIO-PEDAGOGI, Vol 2 No 2, hlm. 92-99
Filcik, A. et al. (2012). The effects of project-based learning (PjBL) approach on the achievement and efficacy of high school mathematics students: a longitudinal study investigating the effects of pjbl approach in mathematics education. Proceedings of The National Conference On Undergraduate Research (NCUR), 29-31 Maret 2012. Odgen Utah: Weber State University, Utah
Haylock, D. & Tangatha, F. (2007). Key concepts in teaching primary mathematics. London: Sage Publications
Komalasari (2018). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. epository.upi.edu
NCTM. (2000). Principles and standarts school mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
Ozdemir, E. (2006). An investigation on the effects of project-based learning on students’ achievement in and attitude towards geometry. Tesis: tidak dipublikasikan. Middle East Technical University.
Ratnaningsih, N (2007) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. UPI Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sularmi, Hari, & Ruja. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan:Vol 3 No 4, Hlm. 475-479
Yunarni, A. (2018). pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIDI SMP Negeri Pangkajene, Jurnal “Mosharafa”, Volume 7, Nomor 1,Januari2018, 51-62
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i1.2219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.