ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA MANAJEMEN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN ANALISIS TITIK IMPAS

Agatha Rinta Suhardi, Puji Lestari

Abstract


Penguasaan mengenai dasar ilmu ekonomi seperti analisis pulang pokok atau analisis titik impas bagi mahasiswa manajemen merupakan sebuah keharusan dalam menentukan strategi bisnis yang tepat. Dalam pelaksanaannya, seringkali ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan analisis titik impas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan titik impas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi mahasiswa manajemen kelas karyawan week end di semester 1. Adapun sampel dipilih secara purposive sampling sebanyak 5 orang berdasarkan kesalahan jawaban yang dilakukan. Hasil analisis kesalahan menunjukkan bahwa kurangnya penguasaan konsep dasar matematika seperti operasi aljabar menjadi faktor utama mahasiswa dalam membuat kesalahan. Kesulitan dalam menggambar grafik titik impas juga akibat dari kurang pahamnya mahasiswa mengenai prosedur dasar menggambar grafik suatu fungsi serta menentukan konsep dasar ekonomi seperti Price dan Quantity

Kata kunci:Analisis Titik Impas, Kesalahan Jawaban, Mahasiswa Manajemen.

Kata kunci:Analisis Titik Impas, Kesalahan Jawaban, Mahasiswa Manajemen.


Full Text:

PDF

References


Fhadilah, N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Permintaan dan Penawaran Kelas XI AK PM SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Tersedia: https://eprints.ums.ac.id/52555/11/jadi.pdf

Kampf, R., Majerčák, P., & Švager, P. (2016). Application of Break-Even Point Analysis. Naše more 63(3) 2016, pp.126-128. DOI: 10.17818/NM/2016/S19.

Layn, Muhamad Ruslan & Kahar, Muhamad Syahrul. (2017). Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), Vol. 3 No. 2 pp. 59–145.

Nurianti, Evi, Halini, Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4 No. 9 pp. 61-70.

Seruni. (2015). Pengaruh Penguasaan Konsep Matematika dan Kreativitas belajar terhadap perilaku Disiplin. Jurnal Formatif, Vol. 3 No. 3 pp. 250-259.

Toheri & Astinawati, I. (2011). Pengaruh Penguasaan Aljabar terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal – Soal Bangun Ruang. Jurnal Eduma, Vol. 1 No. 1pp. 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: