PENGARUH MODEL BRAIN-BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA

Benny Hendriana, Ishaq Nuriadin, Listya Rachmaeni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan spasial matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan Brain-Based Learning berbantuan software Cabri 3D di SMP Negeri 103 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 103 Jakarta tahun ajaran 2017/2018 yang terdaftar pada semester genap pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 7 soal, dilihat dari hasil validitas isi, muka dan konstruk kemudian di uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian diperoleh hasil data yang berdistribusi normal dan kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji- 16t">  dengan taraf signifikansi 5% didapat 165,262≥1,668">  sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan spasial matematis siswa menggunakan Brain-Based Learning berbantuan software Cabri 3D.

 

Kata Kunci :Brain-Based Learning, Cabri 3D, kemampuan spasial matematis

Full Text:

PDF

References


. Barke, H.-D., & Engida, T. (2001). Chemistry Education: Research and Practice in Europe Structural Chemistry and Spatial Ability in Different Cultures. Educ. Res. Pract. Eur, 2(2), 227–239. https://doi.org/10.1039/b1rp90025k

. Buchori, A. (2010). Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3D, Dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Semarang: IKIP PGRI

. Budimanjaya, A dan Alamsyah, S. (2016). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligence Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana

. Chairani, Z. (2016). Kecerdasan dan kreatifitas dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 99–105.

. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

. Hendriana, B. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual berbantuan Program Cabri 3D Untuk Memahamkan siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Tabung dan Kerucut Kelas IX-C SMP Negeri 4 Rangkasbitung. Disertasi dan Tesis. Program Pascasarjana UM.

. Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

. Kariadinata, R. (2010). Kemampuan Visualisasi Geometri Spasial Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kelas X Melalui Software Pembelajaran Mandiri. Edumat Jurnal Edukasi Matematika (Vol. 1). Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=Py0WxE8AAAAJ&hl=id

. Kepceoğlu, İ. (2018). Effect of Dynamic Geometry Software on 3-Dimensional Geometric Shape Drawing Skills. Journal of Education and Training Studies. https://doi.org/10.11114/jets.v6i10.3197

. Kurniawati, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Skripsi. UMS: Surakarta

. Kösa, T., & Karakuş, F. (2010). Using dynamic geometry software Cabri 3D for teaching analytic geometry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1385–1389. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.204

. Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, Vol. 2, No(November), 36–46.

. Lalan, Y, M, I & Prahmana, R, C & John, P. (2015). Penggunaan Alat Peraga Polydron Frameworks Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, No. 2, 43–52.

. Maier, P. H. (1998). Spatial Geometry and Spatial Ability - How to Make Solid Geometry Solid. Selected Papers from Annual Conference of Didactics of Mathematics 1996, 3, 69–81. Retrieved from http://webdoc.sub.gwdg.de/ebook/e/gdm/1996/maier.pdf

. Nasution, H. S. (2015). Mengembangkan Media Pembelajaran. Laporan Tugas Akhir Universitas Malang, (September), 7,8.

. National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM. hlm. 232

. Nur, I, R, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Siswa Dengan Menggunakna Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan UNSIKA, Vol. 4, No(Maret), 26–41.

. Nuriadin, I. (2015). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 4(2), 168-181.

. Priatna, N. (2017). Students’ Spatial Ability through Open-Ended Approach Aided by Cabri 3D. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012065

. Ronis, D. (2009). Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta: PT. Indeks

. Sari, R. M. M., & Sopiany, H. N. (2019). Software Cabry Geometry II untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Irisan Kerucut (Cabry Geometry II Software to Improve Critical Thinking on Construction Materials). Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 3(2), 211-216.

. Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan GeoGebra. JPPM, Vol.10, No, hlm. 42-51.

. Tambunan, S. (2006). Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, 10(1), 27–32. Retrieved from http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/viewFile/149/151

. Wulandari, D. (2014). Brain Based Learning Untukmeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Kimia Fmipa, 3(1).

. Yenilmez, K., & Kakmaci, O. (2015). Investigation of the Relationship between the Spatial Visualization Success and Visual/ Spatial Intelligence Capabilities of Sixth Grade Students. International Journal of Instruction, 8(1), 189–204. https://doi.org/10.12973/iji.2015.8114a




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.