PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF TIPE STAD

Antonius Simbolon

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAS Masehi Sebiru-biru. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan koneksi matematis.  Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual dan kooperatif tipe STAD di SMAS Masehi Sebiru-biru, (2) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan koneksi Matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis multivariat (MANOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran kontekstual lebih baik dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sedangkan untuk melihat interaksi digunakan uji ANOVA, hasil yang diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan koneksi matematis.

 

Kata Kunci : Kontekstual, Koneksi Matematis, Kooperatif  tipe STAD


Full Text:

PDF

References


Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Jakarta: Pustaka Belajar.

Kalim, N. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. [Online].Vol.,,1,,,No.,1,..April,,2013,..hal.,,81..Tersedia:,http://lppm.stkippgrisidoarjo.ac.id/file s/Model,Pembelajaran,Kooperatif,STAD,dalam,Meningkatkan,Hasil,Belajar,Matemati ka.pdf%20%5b10. [10 Juli 2019]

National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Ningsih. (2013). Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Matapelajaran,IPS,Kelas,VII,A. ,Jurnal,Untan. ,[Online]., 11,halaman., Tersedia:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downlo ad/2349/2281. [ 10 Juli 2019]

Rusgianto. (2002). Contextual Teaching and Learning. Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika 3 November 2002. FMIPA UNY: Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2005). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah”. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika 7 Agustus 2005 Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Sundayana, H. R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sunilawati, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. [Online]. Vol. 3 Tahun 2013. Tersedia:,http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnalpendas/article%20/view/513. [10 Juli 2019]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: