PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

La Ugi

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatifnya adalah melalui model pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian  penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Pretest-Postest Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah seluruh siswa 120 orang.Sampel penelitian dua kelsas menggunakan grup random samplingyakni kelas VIII B yang berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII C yang berjumlah 25 orang sebagai kelas control. Kondisi awal kemampuan berpikir kreatif siswa kedua kelas seimbang.Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuanberpikir kreatifyang telah memenuhi unsur kevalidan dan reliabel.Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 20,34dan kelas Kontrolsebesar 19,78. Sedangkan rata-rata hasil postest kelas eksperimen sebesar 51,47 dan kelas kontrol sebesar 26,84. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung= 5,73 dan ttabel= 2,011 pada taraf signifikan 0,05. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu hendaknya model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Aljabar

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir Kreatif


Full Text:

PDF

References


} Arends, R. I. (2012). Learning to teach. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2008).

Dhanar Dwi Hari Jatmiko. (2015). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, And Review) Terhadap Prestasi Belajar Materi Geometri, Kemampuan BerpikirKreatif, dan Self Concept Siswa Madrasah Aliyah. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Eka Sulistyanti, Maria Luthfiana, Lucy Asri Purwasi. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Lubukllinggau tahun pelajaran 2017/2018.

Hassan. (2016). Model-model pembelajaran konsep dan imlementasinya dalam kegiatan pembelajaran sesuai kurikulu. Makasar: Badan penerbit Universitas Negeri Makasar.

Hamiyah Nur Dan Jauhar Moh. (2014). Strategi belajar mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Hamzah Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan starategi pembelajaran matematika. Jakarta: PT Raja grfindo persada.

Khoiri, dkk. (2013). Problem Basic Learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of mathematics. 2 (1) 115.

Padmavathy, R.D. (2013). Effectiveness of problem based learning in mathematics. research scholar school of education pondicherry university. International Multidisciplinary e-Journal. Vol-II, Issue-I, pp: 45-51.

Pita, Waode. (2016). Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau. Skripsi.Baubau.Unidayan.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Subanji. (2013). Pembelajaran matematika kreatif dan inovatif. Malang: Universitas Negerri Malang.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistik Penelitian Pendidikan .Bandung : Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta CV.

Sutawidjaja Akbar dan Afgani D jarnawi. (2011). Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.

Utari Sumarmo. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: Apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Diambil tanggal 20 Februari 2019, dari https://www.scribd.com/doc/76353753/Berfikir-Dan-Disposisi-Matematik-Utari.

Winataputra.Udin S. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: