KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTUAN MULTIMEDIA

Nia Jusniani

Abstract


Dalam proses pembelajaran matematika ditemukan banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Salah satu kendala yang dihadapi oleh siswa, yaitu siswa cenderung sulit untuk memahami materi matematika diantaranya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran, kurangnya media pembelajaran dan anggapan negatif siswa terhadap matemtika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Instruction dengan multimedia lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, dan mengetahui sikap siswa terhadap Problem Based Instruction dengan multimedia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode “quasi eksperiment” dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Pretest-postest design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Instruction berbantuan multimedia dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Cianjur. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol, dan pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman matematis dan non tes berupa skala sikap. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) berbantuan multimedia lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran model Problem Based Instruction (PBI) dengan multimedia.

Kata kunci:  Problem Based Instruction berbantuan multimedia, pemahaman matematis, sikap siswa. 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta.

Bell, Frederick H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). Iowa: Brown Company Publishers.

Elmawa, M.F. (2014). Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Bagi Siswa Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia http://www.uny.ac.id [27 Desember 2017].

NCTM. (1980). Problem Solving In School Mathematics. Yearbook : NCTM Inc.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: