MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATEMATIKA

Megita Dwi Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik ditinjau dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Toroh. Dari populasi itu diambil secara acak dua kelas, kelas VIIIA dan VIIID. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif TPS dengan pendektan saintifik dan  pembelajaran konvensional, data dianalisis menggunakan one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan kedua model, data dianalisis multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling dan dianalisis lanjut dengan uji independent sample t-test dengan kriteria Bonferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis; 2) pembelajaran konvesional tidak efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis; dan 3) pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada pembelajaran konvesional dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pembelajaran kooperatif, TPS dengan pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2014). Lampiran III Peraturan Menteri Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students. Boston, MA: Pearson Education Inc.

Shakirova, D. M. (2007). Technology for the shaping of college students' and upper-grade students' critical thinking. Russian Education & Society, Vol.49, no.9, 42

Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Waddington, D. I., Wade, C. A., & Persson, T. (2015). Strategies for Teaching Students to Think Critically A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 85(2), 275-314.

Kemendiknas. (2012). Laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2011/2012 SMP/MTs. Jakarta: BSNP

Kemendiknas. (2013). Laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2012/2013 SMP/MTs. Jakarta: BSNP

Anthony, G. & Walshaw, M. (2009). Characteristics of effective teaching of mathematics: A view from the west. Journal of Mathematics Education, Vol. 2, No. 2, 147-164

Kemendikbud. (2013). Salinan Peraturan Menteri Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Nurhikmayati, I. (2018). Efektivitas bahan ajar berbasis berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Theorems, 3(2), 123-144.

Chianson, M. M., Kurumeh, M. S., & Obida, J. A. (2010). Effect of cooperative learning strategy on students’ retention in circle geometry in secondary schools in Benue State, Nigeria. American Journal of Scientific and Industrial Research, ISSN: 2153-649X doi:10.5251/ajsir.2011.2.1.35

Arends, I. R. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York: Mc Graw Hill Companies

Cooper, J. M. (2011). Classroom Teaching Skills (9th ed.). Belmont, California: Wadsworth, Cengage Learning

Ledlow, S. (2001). Using think-pair-share in college classroom. Arizona: The Arizona State University, Inc.

Wahyuni, A. & Abadi, A. M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran coopertive learning type STAD dan type TPS pada pembelajaran bangun ruang siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume I, Nomor 2, November 2014

Oehlert, G, W. (2010). A first course in design and analisis of experiment. University of Minnesota

Stevens, J. P. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. New York: Routledge.

Johnson, R. A., & Wichern,W. D. (2007). Applied multivariate statistical analysis (6th ed.). London: Pearson Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: