IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA MATERI BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Jayanti Putri Purwaningrum, Muh Syafei

Abstract


Penguasaan bahasa Inggris merupakan faktor penentu dalam era globalisasi dan merupakan salah satu keberhasilan pembelajaran di pendidikan tinggi. Kemampuan bahasa Inggris siswa dalam Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Muria Kudus dapat dikembangkan melalui kursus Pendidikan Matematika Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa melalui model pembelajaran angka konsep bahan kalimat dalam mata pelajaran Bahasa Inggris Pendidikan Matematika; (2) mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran melalui model pembelajaran kalimat konsep pada nomor materi dalam kursus Pendidikan Matematika Bahasa Inggris; dan (3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kalimat konsep pada nomor materi dalam kursus Bahasa Inggris Pendidikan Matematika. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Muria Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental melalui model pembelajaran kalimat konsep dengan teknik pretest posttest one group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran kalimat konsep pada nomor materi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di Pendidikan Matematika dapat meningkatkan kemahiran bahasa Inggris siswa; 2) Ada perbedaan yang signifikan dalam kemahiran bahasa Inggris rata-rata siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kalimat konsep pada materi angka dalam kursus Pendidikan Matematika Bahasa Inggris; dan 3) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kalimat konsep pada nomor materi dalam kursus Bahasa Inggris Pendidikan Matematika

Full Text:

PDF

References


Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Lestari, K. E, dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. [Online].Tersedia dihttp://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses 19 Desember 2014.

Marsitin, R. 2014. Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Melalui Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, Vol 4, No 2, hlm 536-544


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

                                      

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location: