PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Alpha Galih Adirakasiwi , Attin Warmi

Abstract


Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh jenis kelamin berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi pada jurusan pendidikan matematika di UNSIKA. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XII SMA yang berada di kecamatan Karawang Barat. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengujian hipotesis meliputi uji normalitas,  analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis tersebut diperoleh persamaan regresi Y = 168,044  + 1,649X dan hasil pengujian F untuk koefisien determinasi sebesar 2,.350. sedangkan R kritik (n = 70; dengan taraf signifikansi 5%) = 0,033. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhan yang dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi dengan menggunakan Program SPSS bahwa jenis kelamin hanya mempengaruhi minat melanjukan studi sebesar 3,3 %, sedangkan faktor lain yang mempengaruhi minat namun tidak diteliti oleh peneliti ada sebesar 96,7%

 

Kata kunci: jenis kelamin, minat melanjutkan studi

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Purwanti, Kristi Liani. (2013). Perbedaan Gender terhadap Kemamppuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan Pada Siswa Kelas 1 SDN Tembalang. Jurnal SAWWA 9 (1)

Wiyono, Angelina. Harta, Idris. (2014). Perbedaan hasil Belajar Matematika Antara Kelas Reguler dan Bilingual Class System (BCS) Ditinjau Dari Jenis Kelamin (Gender) Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Jurnal JRA MathEdu 2(2) Universtas Muhamadiyah Surakarta

Bassey, S.W., Joshua, M. T., dan E. A Alice. (2008). Gender differences and mathematics achievement of rural senior secondary students in cross river state, Nigeria. Proceedings of Episteme, 3, 56-60. Retrieved from: http://cvs.gnowledge.org/episteme3/pro_pdfs/09- bassyjoshua-asim.pdfChaplin. J.P. 2002. Kamus lengkap Psikologi. Cetakan Keenam. Penerjemah : Karttiko, K. Jakarta : PT. Raja Grafika Persada

Stefani, “Perbedaan Laki-laki dan Perempuan” dalam Majalah BBC Indonesia, 6 Maret 2015 (Jakarta: ANRI, 2015), hlmn 8

Wiyono, Angelina. Harta, Idris. (2014). Perbedaan hasil Belajar Matematika Antara Kelas Reguler dan Bilingual Class System (BCS) Ditinjau Dari Jenis Kelamin (Gender) Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Jurnal JRA MathEdu 2(2) Universtas Muhamadiyah Surakarta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jamal , Abdul. Sutrisno. Rusito. (2016). Pengaruh Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi dan Fasilitas Laboraturium Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 2 Surakarta. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), 1(3); hlm 212-221

Suhirno. (2011). Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Ototronik Di Smk Negeri 1 Seyegan. Tersedia [Online] http://eprints.uny.ac.id/20223/1/suhirno.pdf (diunduh 10 September 2018. Pukul 10:26)




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i2.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.