KUALITAS ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Nia Kania

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sebuah instrumendalam pembelajaran matematika.Kedudukan sebuah instrumendalam pembelajaran adalah sebagai alat untuk mengumpulkan data atau informasi, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam mengambil keputusan.Instrumen yang baik akan mampu mengukur efektivitas suatu kegiatan dalam pembelajaran. Instrumen dikatakan berkualitas dan layak digunakan apabila memenuhi suatu syarat- syarat tertentu, diantaranya harus memenuhi validitas, reliabilitas, daya pembeda, indeks kesukaran, Objektivitas, dan Praktikapabilitas.

Kata kunci: alat evaluasi, kualitas, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar , Saifuddin. (2000). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran PrestasiBelajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2007).Peraturan Menteri PendidikanNasionalRepublik Indonesia Nomor 20, Tahun 2007,tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Indrakusuma, Amir Daien (1993). Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN-Malang Pers.

Kamus Besar Bahasa Indonesia [Online].Tersedia dihttp://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religius [Diakses 11 januari 2018].

Kania, N. (2017). Assesmen Portofolio dalam Pembelajaran Matematika. Theorems, 2(1).

Kusaeri dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan PenilaianPendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pramana, I Nyoman Doni, dkk.(2014). Evaluasi Pendidikan. Denpasar: Beta.

Siti Kurnia Rahayu dan Ely Suhayati. (2009). Auditing Konsep dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik : Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sudjana, Nana. (1991). PenilaianHasilProsesBelajarMengajar.Bandung:RemajaRosdakaryaOffset.

Sudijono, Anas.(2012) Pengantar Statistik Pendidikan. Edisi Pertama. Cet-ke 24 Jakarta: PT Grafindo Persada

Suherman dan Sukjaya.(1990). Petunjuk Evaluasi untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika.Bandung: Wijayakusumah.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta.

Suwarno, Wiji. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta : AR-Ruzz Media Jogjakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v3i2.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.