PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PANINEUNGAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

PIPIH SOPIYAN, KIKI GUNAWAN

Abstract


Atribut produk adalah unsur-unsur produk  yang dianggap penting oleh konsumen yang dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian, selain itu kualitas pelayanan yang baik dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Karena atribut produk dan kualitas pelayanan dapat merubah persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan sehingga dapat memudahkan konsumen dalam mengambil keputusan. Atas dasar itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis datanya adalah analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F dengan pengolahan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk atribut produk berada dalam kategori cukup baik, untuk kualitas pelayanan berada dalam kategori cukup baik dan keputusan pembelian berada dalam kategori sedang. Hasil uji parsial atribut produk tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.  Hasil  uji  simultan  atribut  produk  dan  kualitas  pelayanan  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Atribut Produk, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Edi Suwardji. 2012. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU (Studi Kasus pada Dealer Suzuki Sanggar Mas Jaya karawang)”. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Karawang.

Fandy Tjiptono. 2008. Pemasaran Stategik. Bandung: Bayumedia Publishing.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mohamad Fauzi Rahman. 2015. “Pengaruh Atribut Produk dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Samsung di Wilayah Kecamatan Majalengka Wetan”. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Majalengka

Rambat Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Rika Rahmatriana. 2013. “Pengaruh Atribut Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan Sari Rasa Sambel Hejo Cabang Karawang”.Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Keempatbelas. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Uswatun Hasanah. 2012. Pengaruh Keragaman Menu, Harga dan Kualitias Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Waroeng “SS”. Artikel Jurnal Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.