Analisis Etika Komunikasi Film Animasi Syamil Dodo Sebagai Konten Edukasi Islam

Peni Alisani Sopi, Salis Elmadani, Naila Nadya Nafiatuzahra, Ela Sari, Hisny Fajrussalam

Abstract


Berbagai media digital dapat digunakan sebagai media komunikasi, salah satunya yaitu produksi film animasi yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan edukasi bertema islami. Dalam proses pembuatan sebuah film konten islami, tentu saja ada hal yang harus diperhatikan agar konten tetap sesuai dengan ketentuan, salah satunya penerapan etika komunikasi dalam islam. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan-pesan komunikasi serta menganalisis penerapan etika komunikasi islam yang terdapat dalam serial film animasi Syamil Dodo seri Shalat Berjamaah sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sementara desain penelitian yang digunakan yaitu analisis isi yang menggunakan instrumen observasi disertai dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Film Animasi Syamil Dodo memuat nilai edukasi islami yang dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak dan penggunaan etika komunikasi sebagian besar sudah sesuai dengan ajaran islam. Dalam berkomunikasi etika sangat penting diperhatikan, segala perkataan yang disampaikan dapat mempengaruhi segala tindakan dan perbuatan. Peneliti menyajikan hasil analisis ini sebagai kajian mendalam penerapan etika komunikasi yang terdapat dalam konten bertema edukasi.


Full Text:

PDF

References


Adinda. (2015). Film Animasi 2d Berbasis 3d Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Story.

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804

Anggito, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.

Anufia, A. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Billah, S. A. (2018). KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN KARIER ORGANISASI. JIKA, 1(1).

Cangara, H. (2014). Komunikasi Politik (Konsep, Teori, Strategi). Raja Grafindo Persada.

Dahlan, M. S. (2014). ETIKA KOMUNIKASI DALAM AL-QUR’AN DAN HADIS. Dakwah Tabligh, 15(1), 115–123.

Hummel. (2013). Incorporating Animation Concepts and Principles in STEM Education. The Technology Teacher. 20–25.

Ibrahim. (2011). Budaya Populer sebagai Komunikasi; Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer.

Nasution, M. A. (2021). Etika Komunikasi Islam. Al -Fathonah, 1(1), 270–284.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95. https://doi.org/10.10358/JK.V3I1.253

Romeltea. (2017). Konten Media. https://romeltea.com/konten-media/

Saefullah. (2017). Kapita Selekta Komunikasi: Pendekatan Agama dan Budaya.

Sinaulan, R. L. (2016). Komunikasi terapeutik dalam prespektif islam. Komunikasi Islam, 6, 130–157.

Susanto, J. (2020). Etika Komunikasi Islami. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i1.28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â