PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA AKUN @Hijup.com (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTARGAM @Hijup.com)

Khoerunnisa Khoerunnisa, Ida Riaeni

Abstract


Dengan munculnya internet, perkembangan pemasaran menuju level baru, pemasaran melalui internet ini dinamakan sebagai digital marketing. Penelitian ini membahas mengenai strategi media digital marketing yang dilakukan oleh HijUp.com. HijUp.com merupakan perusahaan fashion ecommerce yang meraih sukses dalam meraup penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis strategi media digital marketing HijUp.com yang berpusat pada media sosial Instagram.

Dalam Pendekataan penelitian ini penulis menggunakan studi Etnografi Virtual yang banyak digunakan pada penelitian online. Subjek penelitian difokuskan untuk meneliti pengalaman para pengguna fitur snapgram. Teknik yang akan di gunakan dalam memilih informan atau subjek akan dipilih secara purposif berdasarkan aktivitas mereka yang dapat mengeksplorasi dan mengartikulasikan pengalam mereka secara sadar,yang dijadikan informan utama (key infomant) atau sumber data utama atau Creswell menyebutnya partisipan. Pengumpulan data diperoleh dari informan utama (key informant) atau sumber data utama sebagai partisipan melalui wawancara online. Data yang diperoleh disusun dalam satu-satuan kemudian di kategorikan dan dilakukan pengkodingan.

Berdasarkan hasil dari penelitian HijUp.com melibatkan peran digital mulai dari marketing mix dan menggunakan konsep berupa visual, design dan caption. serta digital marketing dalam hampir seluruh kegiatan pemasaran dan penjualan HijUp.com memasarkan produknya secara online dengan melakukan optimalisasi digital marketing tools secara terintegrasi. Dalam penggunaan media digital sangat membantu HijUp.com dalam menjalankan fungsi pemasaran secara efesien dan efektif.

Kata Kunci : Strategi Media Digital Marketing, Hijup.com, Marketing Mix.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arif Moch Choirul, 2012. Etnografi Virtual Sebuah Tawaran Metodologi Kajian Media Berbasis Virtual. Fakultas Dakwah (Universitas IAIN Sunan

Ampel Surabaya).

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi.

Peneribit Rajawali Pers, Jakarta.

Ginting siti rahma, 2018. Efektivitas Pemasaran Produk Online Shop Dalam

Fitur Snapgram Sebagai Media Periklanan Terhadap Minat Beli

Mahasiswa Fakultas Ilmu sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Hermawan, 2012. Analisis Strategi Digital Marketing dalam membantu

penjualan Living Space Dan Efo Store..

Herdiana Wyna, 2018. Media Promosi Produk Kreatif Dengan Media Digital Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Fakultas Industri

Kreatif (Universitas Surabaya).

Hidayah Nurul, 2018. Analisis Strategi

Hine Christine, 2001. Analisis Strategi Digital Marketing dalam membantu

penjualan Living Space Dan Efo Store.

Hine Christine, 2001. ETNOGRAFI VIRTUAL Sebuah Tawaran Metodologi

Kajian Media Berbasis Virtual

Irma Ade, 2018. Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop).

Nur Arifah Fatimah, 2015. Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing

Dalam Bisnis Online, Fakultas Manajemen Informatika (Universitas Bina Patria Magelang).

Ri’aeni, Ida. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS Jurnal Komunikasi, Vol.1 No.2 2017. Diakses melalui http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/443

Sumber lain :

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram (Diakses 15 Maret 2019).

http://internetsehat.id (Diakses 15 Maret 2019).

http://marketeers.com/instagram-stories-cara-efektif-mempromosikan-bisnis/ (Diakses 15 Maret 2019).

http://swa.co.id/swa/trends/management/diajeng-lestari-gandeng-desainer-lewat-hijup-power-house (Diakses 4 Juli 2019).

https://hijup.com/id/pages/about (Diakses 4 Juli 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â