KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU PAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi Deskriptif Komunikasi Pembelajaran Pada Kegiatan Belajar Mengajar di PAUD Lembah Madu, Cimahi)

Endah Ayu Kurnia Sari, Dewi K. Soedarsono, Nofha Rina

Abstract


Abstract

This research titled “Early Childhood Education Teacher's Instructional Communication in Children's Character Building†aims to determine the effectiveness of instructional communication conducted by teachers of Early Childhood Education in children character building in Lembah Madu Early Childhood Education. This research explains about 1) instructional planning of early childhood education 2) methods of instructional of early childhood education 3) instructional communication process of early childhood education and 4)  instructional evaluations of early childhood education. This research uses descriptive method with Miles and Huberman data analysis model. Data are collected from the result of observation, in-depth interviews and documentations.. The result of this research shows that: 1) Lembah Madu Early Childhood Education instructional planning making, refers to 2013 Government Early Childhood Education-theme-based-curriculum. 2) Instructional method that used by this Early Childhood Education adapted to children growth development such as playing, singing, demonstrating and field trip methods. 3) instructional communication process are involving all components of teachers, message in the form of teaching materials, mediums, students and interrelated feedbacks 4) instructional evaluation done through daily records, anecdotes, portfolios, communication books and the reports on child development.

Keywords : Instructional Communication, Teacher, Early childhood education

 

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Pembelajaran Guru PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak†bertujuan  untuk mengetahui bagaimana komunikasi pembelajaran yang efektif yang dilakukan guru PAUD dalam pembentukan karakter anak di PAUD Lembah Madu. Penelitian ini membahas mengenai 1) rencana pembelajaran PAUD, 2) metode pembelajaran PAUD 3) proses komunikasi pembelajaran PAUD, dan 4) evaluasi pembelajaran PAUD. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembuatan rencana pembelajaran PAUD Lembah Madu merujuk pada kurikulum PAUD 2013 yang diatur oleh pemerintah dengan berbasis tema, 2) Metode pembelajaran yang digunakan PAUD Lembah Madu disesuaikan dengan tahap perkembangan anak meliputi metode bermain, metode bernyanyi, metode demonstrasi dan metode karyawisata, 3) proses komunikasi pembelajaran melibatkan komponen berupa guru, pesan berupa bahan ajar, sarana, murid dan umpan balik yang saling berkaitan, 4) evaluasi pembelajaran dilakukan melalui catatan harian, catatan anekdot, portofolio, buku komunikasi dan laporan perkembangan anak (LPA).

Kata Kunci : Komunikasi pembelajaran, Guru, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â