STARATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS PONDOK PESANTREN RAUDLATUL MUBTADIIN DALAM MENDAPATKAN SANTRI BARU DENGAN KONDISI IKLIM PESANTREN SALAFIYAH DI MAJALENGKA

Teddy Maulana HS

Abstract


Abstract
The purpose of this study was to study the strategies of traction and strategy Strategies marketing strategy degree used for public relations college Raudlatul Mubtadiin Islamic for students with the advantages of boarding Salafiyah in Majalengka. This study uses qualitative methods that use descriptive studies. Based on the results of the study, it can be concluded that the Convitto Raudlatul Mubtadiin islamic has carried out a strategy of commercializing public relations with a direct strategy (Strategy extraction) sending posters of educational activities, using social networks Facebook, Instagram and YouTube as the information on the pesantren means which are accessible to the public, general lectures, became private tutor tutor, and became the mosque imam. Doing push strategy is to become a guide for Hajj, working with ex-pupils organization and Ikapermin people great sympathy, and join the qiroati method to read the Quran educational institutions. And the last one uses the Pass Strategy, which consists in using natural suits in certain places, in the installation of adhesives, in the opening of mercy and in the inaugural ceremony and in the opening of national and regional events. This is a public relations marketing strategy of the Raudlatul Mubtadiin internship to get a new santri with the help of salafiyah colleges in expensive places. The idea that the researcher can transmit with the creation of a specific section that regulates the commercialization of public relations, making the most important information used by stakeholders to gather information for the public, and develop means that can be used to guide strategies of public relations meeting.
Keywords: Public marketing relations, Islamic internships, Salafiya
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy dari Strategi Marketing Public Relations yang digunakan oleh Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin dalam mendapatkan santri dengan iklim pesantren salafiyah di Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadiin telah melakukan strategi marketing public relations dengan strategi langsung (Pull Strategy) dengan memasang poster kegiatan imtihan, menggunakan media sosial facebook, instagram, dan youtube sebagi media informasi pesantren yang bisa diakses oleh publik, ceramah umum, menjadi guru privat mengaji, dan menjadi imam mushola. Melakukan Push Strategy yaitu menjadi pembimbing haji, bekerjasama dengan organisasi alumni Ikapermin dan simpatisan pesantren, dan bergabung dengan lembaga pendidikan membaca al-qur’an metode qiroati. Dan yang terakhir menggunakan Pass Strategy yaitu menggunakan jas alamamater di tempat-tempat tertentu, memasang stiker, menghadiri acara tahlil-an dan maulid-an, dan menghadiri acara Nasional maupun Regional. Ini merupakan strategi marketing public relations pondok pesantren raudlatul mubtadiin dalam mendapatkan santri baru dengan iklim pesantren salafiyah di mahalengka. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah dengan membentuk khusus seksi yang mengurus marketing public relations, membuat dan mengumpulkan informasi pesantren selengkap mungkin untuk digunakan pihak ketiga dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, dan mengembangkan media yang bisa dipakai untuk melakukan strategi melewati.
Kata Kunci : Marketing Public Relations, Pondok Pesantren, Salafiya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index

Â