STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM KONVEKSI LEVIS (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Pemasaran Produk UMKM Konveksi Celana Jeans Balckbat Denim di Desa Sukamukti Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka)

Firman Yudhanegara

Abstract


Abstract
The products of UMKM have the same opportunity to develop in the commercialization of their products. But, in fact, with a very close competitiveness that requires a marketing communication strategy is the tactic to be able to follow the competition. This study uses qualitative methods with a focus on the study of literature, discussion and observation from the observations and experiences of the author in the observation of the development of UMKM. The data obtained was analyzed in a descriptive manner and it was hoped that through this method it could provide benefits and an overview of the role of marketing communication in UMKM. Based on the results of the UMKM convection marketing communication strategy research, Blackbat Denim Jeans is divided into five elements, which include: 1) Advertising / advertising has a superior design in a product higher. 2) Direct marketing or direct marketing through telemarketing and Internet marketing that includes (Facebook groups, blog ads and Instagram advertising). 3) Personal sale selling products verbally. 4) Promotion of product sales giving discounts. And 5) Public relations products maximizing excellent service (excellent service).
Keywords: communication strategy, products for mipymes, marketing.
Abstrak
Produk UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dalam memasarkan produknya. Namun memang dengan daya saing yang sangat ketat sehingga membutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang taktik untuk dapat mengikuti persaingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, diskusi dan observasi dari pengamatan dan pengalaman penulis dalam mengamati perkembangan UMKM. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan diharapkan melalui metode ini dapat memberikan manfaat dan gambaran terhadap peran penggunaan komunikasi pemasaran pada UMKM. Berdasarkan hasil penelitian strategi komunikasi pemasaran Produk UMKM Konveksi Celana Jeans Blackbat Denim terbagi dalam lima hal diantaranya: 1) Advertising / periklanan memiliki keunggulan dalam desain produk yang lebih unggul. 2) Direct marketing atau pemasaran langsung melalui telemarketing dan internet marketing yang meliputi (facebook group, blog spot dan iklan pada instagram). 3) Personal selling dengan cara penjualan produk secara lisan. 4) Sales promotion produk dengan cara memberikan potongan harga (Discount). Dan 5) Public relation produk dengan memaksimalkan pelayanan prima (service excelent).
Kata Kunci : Strategi komunikasi, Produk UMKM, Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index