KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM VIDEO BLOGGER KEMAL PALEVI (Studi Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Komunikasi Persuasif sebagai Pernyataan Cinta Kemal Palevi dalam Video Blogger “Nembak Cewek Random”)

Titih Nurhaipah

Abstract


Abstract
The horrendous phenomenon of the entertainment world in Indonesia, the rampant horror of YouTube online with creative content. One of them is a blogger video, a blogger activity created with a visual audio recording version. Video from blogger Channel Kemal Palevi is a content on YouTube whose content deals with jokes and jokes made by Kemal Palevi, one of which is Nembak Random Girl, the video entitled Nembak Random Girl is made just for fun where the content of the blogger of videos is Kemal Palevi has quietly expressed his declaration of love to a woman who did not even know with forced words until the woman who asked did not respond if she was accepted or rejected. In this video, Kemal Palevi behaves like a Playboy who always sells love to many women to justify any means (lying). Some of the crazy video blogger Kemal Palevi have posters that show communication, one of which is persuasive communication.
Key words: persuasive communication, video blogger, semiotika
Abstrak
Fenomena yang menghebohkan dunia hiburan di Indonesia, maraknya menghebohkan daring youtube dengan konten kreatif. Salah satunya adalah video blogger, kegiatan blogger yang dibuat dengan versi rekaman audio visual. Video Blogger Chanel Kemal Palevi adalah sebuah konten Youtube yang isi nya mengenai keisengan dan guyonan yang dilakukan oleh Kemal Palevi salah satunya adalah Nembak Cewek Random, Video berjudul Nembak Cewek Random ini dibuat hanya untuk bersenang-senang saja yang dimana isi dalam video blogger nya itu Kemal Palevi dia dengan percaya diri menyatakan pernyataan cintanya kepada seorang perempuan yang tidak dia kenal bahkan dengan kata-kata memaksa sampai perempuan yang dia tanya memberikan jawaban apakah diterima atau ditolak cintanya. Dalam video ini Kemal Palevi bertindak sebagai seorang Playboy yang selalu mengobral cintaya ke banyak wanita bahkan sampai dengan menghalalkan segala cara (berbohong). Beberapa scane dalam video blogger Kemal Palevi ini terdapat tanda-tanda yang menunjukan komunikasi salah satunya adalah komunikasi persuasif.
Kata Kunci: Komunikasi persuasif, video blogger, semiotika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)

View My Stats

 

Penerbit :

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Majalengka.

Alamat :

Gedung FISIP Universitas Majalengka, Jalan K.H. Abdul Halim No. 103, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

email : jurnalilkomandalan@gmail.com | https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/index