Nilai Pendidikan Karakter Pada Kearifan Lokal Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya

Istikhoroh Nurzaman, Rahman Rahman, Sri Wulan Anggraeni, Asep Nurhuda

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui tentang nilai karakter pada kearifan local Kampung Naga di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui gambaran nilai Pendidikan karakter pada kearifan local di Kampung Naga. Penggunaan pendekatan tersebut bermula dari ketertarikan peneliti  untuk mengkaji lebih mendalam kaitan fenomena yang dialami oleh informan. Informan dari penelitian ini adalah tokoh adat, orang tua. Dan pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat 18 nilai karakter pada Kearifan Lokal Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya


Keywords


Nilai Pendidikan Karakter; Kearifan Lokal; Kampung Naga

Full Text:

164-171

References


Alwasilah, A.C., Suryadi,K., Karyono, T. (2009). Etnopedagogi: Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Bandung: Kiblat Buku Utama.

As’ari, Hendriawan. (2016). Kajian Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga dalam Pengelolaan Lingkungan Berbasis Mitigasi Bencana. Prosiding seminar Nasional UMS.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran (4th Ed.). Pustaka Pelajar.

Hasan, A, F. (2015). Ensiklopedia Akhlak Mulia: Teladan Akhlak Rasulullah Untuk Meraih Kemuliaan. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. (2010). Seri Pendidikan Karakter: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Kemendiknas RI

Koentjaraningrat. (1971). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta : Djambatan.

Keberkahan, Keselamatan, Serta Kebahagiaan Hidup Dunia dan Akhirat. Solo : Tinta Medina.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan.,4(1), 41-49.

Laksana, S.D. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5 (2), 167-184

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1984. Qualitative data analysis. London: Sage

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, H. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Nur Aeni, A dkk. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Bandung: Royyan Press.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Kemenkumham

Purnama, Shilmy. (2021). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora (J-PSH), 12(1), 1-7.

Pusat Kurikulum Depdiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas

Rahmatih, A.N., Maulyda, M.A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajara Sains Sekolah Dasar: Literature review. Jurnal Pijar MIPA, 15 (2), 151-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Istikhoroh Nurzaman, Rahman Rahman, Sri Wulan Anggraeni, Asep Nurhuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: