Nilai Kearifan Lokal Majalengka Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kearifan lokal yang terdapat pada masyarakat di Indonesia banyak mengandung nilai luhur budaya bangsa, salah satunya kearifan lokal di Kabupaten Majalengka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat Majalengka untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar, 2) cara menanamkan nilai tersebut sehingga dapat membentuk karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka sistematis, langkah penelitiannya yaitu menemukan artikel yang sesuai dengan dua kata kunci, memenuhi kriteria inklusi eksklusi, lolos penilaian kualitas terdiri dari penilaian pertanyaan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal Kabupaten Majalengka yang dapat diajarkan kepada siswa SD adalah tari kedempling, tari simbarkencana, jum’at bersih, dan tradisi di Majalengka. Nilai karakter yang terdapat dalam kearifan lokal tersebut diantarnya (1) religius, (2) toleransi, (3) disiplin, (4) jujur, (5) demokrasi, (6) mandiri, (7) bersahabat/ komunikatif, (8) peduli sosial, dan (9) bekerja keras. Bentuk implementasinya dengan mengintegrasikan pada pembelajaran tematik bidang SBdP, kegiatan pembiasaan dan mengajak siswa untuk ikut serta pada kegiatan tradisi masyarakat Majalengka. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran untuk mengembangkan penelitian selanjutnya mengenai kearifan lokal dan diintegrasikan pada pembelajaran lain.
Keywords
Full Text:
90-100References
Afsari, A. S., Sobarna, C., & Ampera, T. (2021). Pembangunan ekowisata berbasis kearifan lokal di desa Cilangcang, kecamatan Cikijing, Majalengka. Dharmakarya, 10(3), 267. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i3.31068
Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian systematic literature review (slr) untuk mengidentifikasi dampak terorisme, layanan konseling dan terapi trauma pada anak-anak. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2017). Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools. Jurnal of Education and Practice, 8(5), 23–29.
Asteka, P., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2020). Kearifan Lokal Majalengka sebagai Materi Ajar Mata Kuliah Sosiolinguistik. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0,” 870–894.
Hermawan, I. C., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sunda dan relevansinya dengan pembelajaran ppkn di sekolah menengah pertama. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(2), 116–128. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15746
Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the implementation of local wisdom-based character education among indonesian higher education students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164
Kabupaten Majalengka. (2017). Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1050
Kesuma, G. C. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Adat Sunda “Ngalaksa” Tarawangsa di Rancakalong Jawa Barat. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 35–44.
Kumalasari, D. (2018). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada mata kuliah perspektif global. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2). https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17735
Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.858
Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak. Generasi Emas, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70–76.
Mulyana, E. M., Suherman, A., Widyanti, T., Tetep, T., Supriyatna, A., Sulaeman, F., Hilmi, H., Ulum, N. M., Nurkholis, I., & Kurniawan, N. (2020). Training on developing children’s social character through Sundanese cultural values. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1(01), 21–30. https://doi.org/10.35899/ijce.v1i01.158
Nastain, I. (2019). 26 Adat Desa di Majalengka Mulai Langka. SINDOnews.Com.
Nisya, R. K., & Rahmawati, I. S. (2021). Cerita rakyat Majalengka sebagai bahan ajar sastra di sekolah. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 8–28.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital Dini. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–49. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Ramdhani, A., Ramdhani, M., & Amin, A. (2014). Writing a literature review research paper: a step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47–56.
Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar di era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 734–743. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/365
Sugiyono, R., & Purwastuti, L. A. (2017). Local wisdom-based character education modal in elementary school in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 299–308. https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003
Tetep, Mulyana, E., Widyanti, T., & Suherman, A. (2020). Nation character building for millennial generation based on local wisdom of saminism. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 458(Icssgt 2019), 195–204. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200803.025
Wahyuni, D. E., & Hasanah, S. A. (2016). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pembentuk karakter bangsa. Seminar Nasional 2016: Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era MEA, 1, 19–24. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/issue/view/571
Wahyuni, D., & Hasanah, S. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa. Seminar Nasional Pendidikan 2016 "Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era MEA, 1, 19–24.
Yatmiko, F., Banowati, E., & Suhandini, P. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 77–84.
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawal Pendas, 8(1), 173–185.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v5i1.3776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Devi Afriyuni Yonanda, Irma Sofiasyari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.