Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
101-111References
Alvian, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Mistar Bilangan. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 21–30.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria, 10(3), 282–289.
Arrafi, A., & Masniladevi, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan hasil Belajar Matematika di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 750–774.
Awwabiin, S. (2021). Pengertian, Kendala, Manfaat dan Strategi Pembelajaran Daring. Https://Penerbitdeepublish.Com/.
Barnes, H. (2004). Realistic mathematics education: Eliciting alternative mathematical conceptions of learners. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 8(1), 53-64.
Bhoke, W. (2019). Pengaruh Pendıdıkan Matematıka Realıstık Berbantuan Lks Terhadap Hasıl Belajar Matematıka Dıtınjau Darı Motıvası Belajar Sıswa Kelas V Sd Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-Flores. Imedtech (Instructional Media, Design and Technology), 3(1), 1. https://doi.org/10.38048/imedtech.v3i1.203
Dahlia, L. (2014). Penerapan Pendekatan Konstektual Pada Materı Pembelajaran Aturan Sınus Dalam Upaya Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Dı Man Tasıkmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 2(1), 59–64.
Fitrah. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah. Budi Utama.
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an educational task. The Netherlands, Dordrecht: Reidel.
Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. The Netherlands, Utrecht:
Freudenthal Institute.
Handayani, K., Mariani, S., & Asikin, M. (2018). Kajian Konseptual Pembelajaran Project dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 32, 399–407.
Hanum, N. S. (2013). Keefektıfan E-Learnıngsebagaı Medıa Pembelajaran(Studı Evaluası Model Pembelajaran E-Learnıngsmk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102.
Hartini, S. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpıkır Logıs Matematıs Terhadap Kemampuan Sıswa Dalam Menyelesaıkan Soal Matematıka Yang Dıkemas Dalam Bentuk Cerıta. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Hidayati, K. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) DI SD/MI. Cendekia, 11(1), 163–181.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar [Realistic Mathematics Education Approach to Mathematics Learning Outcomes for Elementary School Students]. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.
Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15(2011), 1925–1930.
Mirzaqon, T., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dam Praktik Konseling Expressive Writting. Jurnal BK Unesa, 8(1).
Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220–229.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104–111.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & ... (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The …, 2(2), 70–79. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/722
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendıdıkan Matematıka Realıstık Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematıka Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71.
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.
Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Mimbar, XXII(1), 01–14.
Rinayanti, N. L., Suardika, I. W. R., & Suadnyana, I. N. (2014). Berbantuan Medıa Grafıs Berpengaruh Terhadap Hasıl Belajar Matematıka Sıswa Kelas V Sd Gugus 1 Mengwı Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2.
Romauli, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Bharland School Medan. Jurnal Tematik, 3(12).
Rukmini, R. (2021). Upaya Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Melaluı Pendekatan Matematıka Realıstık Berbantuan Medıa Lego Pada Sıswa Kelas Iıı-B Upt. Sd Negerı 01 Lımo Kaum. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 148–156.
Sa’adah, W. N. (2010). Penıngkatan Kemampuan Penalaran Matematıs Sıswa Kelas Vııı Smp Negerı 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematıka Melaluı Pendekatan Pendıdıkan Matematıka Realıstık Indonesıa (PMRI). Universitas Negeri Yogyakarta.
Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematıka Realıstık Berbantuan Flıpbook Maker Pada Materı Bangun Ruang Sısı Datar Kelas Vııı SMP. AKSIOMA, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397
Schunk, D. H. (2012). Learning theories: an educational perspective. In Nature (Vol. 322, Issue 6078). Pearson. https://doi.org/10.1038/322399b0
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Suwarsono, S. (2001). Beberapa Permasalahan yang Terkait dengan Upaya Implementasi Pendekatan Matematika Realistik di Indonesia. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Tentang Pendekatan Matematika Realistik Universitas Sanata Dharma Tanggal, 14–15.
Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu.
Wirama, M., Pudjawan, K., & Dibia, I. K. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Desa Penglatan Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–10.
Zainil, M., Helsa, Y., Zainil, Y., & Yanti, W. T. (2018). Mathematics learning through pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) approach and Adobe Flash CS6. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 12095.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v5i1.3771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 I Gusti Agung Jatiariska, Kadek Yudista Witraguna, I Komang Wisnu Budi Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.