PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI CERITA WAYANG MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN WAYANG

Nur Setiowati, Okto Wijayanti, Sri Hermanto

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, ditunjukkan dari jumlah siswa yang tidak tuntas berdasarkan nilai Bahasa Jawa yaitu 100%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa materi cerita wayang Bima Bungkus dan Nggoleki Gung Susuhe Angin melalui strategi Active Knowledge Sharing menggunakan media wayang. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Kalikidang dengan jumlah siswa 32 siswa yang terdiri  dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi siswa. Hasil peningkatan terjadi pada setiap siklusnya. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adanya peningkatan prestasi belajar sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa yang memenuhi KKM mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu 70. Ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 70,31%. Ketuntasan belajar pada siklus II yaitu 82,45%. Data dapat disimpulkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing menggunakan media wayang dapat membuat siswa lebih aktif belajar dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi cerita wayang Bima Bungkus dan Nggoleki Gung Susuhe Angin di kelas IV SD Negeri Kalikidang, Kecamatan Sokaraja, Banyumas.

Kata kunci: Prestasi belajar, Cerita  wayang, Active Knowledge Sharing, Media wayang


Full Text:

206-2011

References


Ariasa., Wiyasa., Kristriantari, R. (2014). Pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Peliatan Ubud Tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Arsyad.

Kusyari, A.M., Sutrisno., Endah, D. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantu Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SDN Padean Lamper 01 Semarang. Jurnal Pendas Mahakam, 2(2): 164-178.

Maisaroh, S., Devi, A.S. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa pada Materi Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2).

Silberman, M. (2007). Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Widayati. (2017). Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1): 43-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.