MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL ROUND TABLE DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA SD

Wenti Ferdina Fitrianti, Okto Wijayanti, Arifin Muslim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis aksara Jawa dalam pelajaran Bahasa Jawa siswa kelas IV SD N 1 Alasmalang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui model kooperatif tipe Round Table dengan media flashcard. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 1 Alasmalang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil observasi pada proses pembelajran siklus I dan siklus II menunjukan bahwa keterampilan menulis aksara Jawa siswa mengalami peningkatan. Hasil keterampilan menulis aksara Jawa pada siklus I mendapat presentase 59,5% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik. Keterampilan menulis aksara Jawa siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu dengan kriteria baik dan sekurang-kurangnya presentase ketuntasan 75% dari KKM 70. Simpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran Round Table dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa.

Kata kunci: Keterampilan Menulis; Round Table; Media flashcard


Full Text:

187-193

References


Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perseda.

Barkley, E.E., Cross, K.P., & Major, C.H. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1): 10-18.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Norzang. (2017). “Use of Round Table Structure Suplemented By Peer Editing Technique to Enhancing Students’ Essay Writing Skills: An Action Research”. Norbuling Central School, Sarpang, Bhutan: Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3 (2) 1653-1661.

Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaan. Bandung: CV Wacana Prima.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G. (1992). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.