PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ading Muslihudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis akan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kondisi ditunjukkan dari sebagian besar siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model Problem Based Learning. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD N 1 Suganangan,  Kabupaten Kuningan yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang harus dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembarpenilaian observasi guru dan siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi IPS karena siswa pada saat pembelajaaran dilatih untuk mencari permasalahan, mencari informasi untuk mengatasi permasalahan secara mandiri sehingga siswa mampu untuk memecahkan permasalahan dunia nyata sesuai dengan tahap-tahap model Problem Based Learning. Adanya penguasaan materi yang dimilki oleh pesera didik dalam memahami mater, maka hasil belajar yang diperoleh siswa juga maksimal. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor nilai kemampuan berpikir kritis pada siklus I dengan rata-rata 74 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh niali rata-rata 82 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dibantu dengan media Kokami dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 Kekayaan Negeriku subtema 1 dan 2 materi IPS di kelas IV SD N 1 Suganangan Kabupaten Kuningan.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial


Full Text:

194-205

References


Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Reamaja Rosdakarya

Arikunto dan Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Lestari, dkk. 2016. Efektifitas Model Pembelajaran PBL berbantu Media Kokami ditinjau dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika: Jurnal Formatif, Vol 8. No 2

Muhson Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 8. No 2

Mulyasa, D. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Formatif, Vol 8. No 1

Paisah Neneng, dkk. 2013. Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo: Jurnal Formatif, Vol 3. No 1. Hal 29-31

Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres

Sanjaya, W. 2010. Media Komunikasi Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Setyorini, dkk., 2011. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 7. Hal 52-56

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Later Pratama Mandiri

Tawil, dkk. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasi dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Universitas Negeri Makassar

Vitasari R, dkk. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning

Widoyoko, E. P., 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.