PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Intan Tri Septiana, Okto Wijayanti, Arifin Muslim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V. Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi penyajian data melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas desain dari Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri daru dua kali pertemuan dan setiap pertemuan waktunya adalah 2 x 35 menit, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrumen tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL), yaitu: (1) orientasi masalah, (2) pengirganisasian siswa untuk belajar, (3) pembimbingan siswa (individual maupun kelompok) untuk melakukan penyelidikan, (4) penyajian hasil kerja keras atau diskusi, (5) analisis dan evaluasi pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi penyajian data mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh nilai presentase 43,75% dengan kriteria cukup dan siklus II memperoleh nilai presentase 86,36% dengan kriteria sangat baik. Presentase prestasi belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 80%.  Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi penyajian data pada siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Prestasi Belajar, Matematika


Full Text:

181-186

References


Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama dua siklus diperoleh. Terjadi peningkatan prestasi belajar siswa melalui Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang materi penyajian data pada siswa kelas V. Hasil dari siklus I prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata kelas sebesar 58,43 dengan presentase 43,75%. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 88,22 dengan ketuntasan belajar sebesar 86,36%. Hasil yang diperoleh pada materi penyajian data sudah memenuhi indikator yang diinginkan.

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Z. 2009. EVALUASI PEMBELAJARAN Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta

Dewa Ayu Ketut Suami. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal ilmiah sekolah dasar. 1 (3), 207-214

Huda, M. 2018. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar

Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru Edisi Revisi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pers

Sanjaya, W. 2007.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana

Shoimin, A. 2014.68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ar-ruzz media

Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di SD. Jakarta: prenadamedia group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.