PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Ayu Ratnaningsih, Subuh Anggoro, Pamujo Pamujo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model experiential learning terhadap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent (pretest dan posttest) control group design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Larangan dengan jumlah sebanyak 40 siswa pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes,  dalam bentuk soal pretest, posttest dan non tes dalam bentuk angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji t yang sebelumnya melalui tahap uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pengujian hipotesis variabel rasa ingin tahu diperoleh nilai  atau 3,383>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka  ditolak dan  diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap rasa ingin tahu. Pengujian hipotesis untuk variabel prestasi belajar IPA diperoleh nilai  3,351>2,024 signifikansi 5% dan dk=38 maka  ditolak dan  diterima maka diketahui terdapat pengaruh model experiential learning terhadap prestasi belajar IPA

Kata kunci: Experiential Learning, Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar IPA


Full Text:

154-163

References


Alkan, Fatma. 2016. Experiential Learning: Its Effects on Achievement and Scientific Process Skills: Journal of Turkish Scince Education.Vol 13. Hal 15-26

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Aryuni, Ni Komang Rani, Surya Manuaba & I Nengah. 2017. Pengaruh Modelexperiential Learning Bernuansa Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Kompetensi Pengetahuan: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol : 5, No. 2

Dewi, GAPt, Made Suryana & Ida Bagus 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V: Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2 No.1

Baharrudin & Wahyuni, Esa Nur. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Cresswell, J.W. 2014. Research Design. Bandung: Mizan Pustaka

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model

Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain

Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogjakarta : ArRuzz Media

Listryasrti, R. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktiv, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munif, I R S & Mosik, 2009. Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5.ISSN: 1693-1246

Mulyasa.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Silberman, Mel. 2014. Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media

Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Suyadi. 2013. Staretegi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

______. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Wisudawati, Asih & Eka sulistiyo. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara

Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter Landasan Pilar & Implementasi.Jakarta: Prenadamedia Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.