PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Nanda Estri Wahyuni, Arifin Muslim, Pamujo Pamujo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA tema lingkungan sahabat kita sub tema usaha pelestarian lingkungan siswa kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Wetan melalui model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent (pretest dan posttest) Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Purwokerto Wetan yang berjumlah 50 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan pretest dan posttest sedangkan teknik non tes menggunakan angket. Hasil penelitian pengujian angket sikap peduli lingkungan siswa yaitu  > atau 2,708 > 2,01 yang dapat disimpulkan bahwa  ditolak yang berarti terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Hasil penelitian pengujian tes siswa  yaitu  >  atau 2,992 > 2,01 yang dapat disimpulkan bahwa  ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi Belajar IPA siswa.

Kata kunci: Discovery Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar


Full Text:

147-153

References


Aly, A dan E, Rahma. (2010). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT. bumi Aksara

Creswell. (2014). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto & Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gaya Media

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sani, Ridwan Abdullah. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sudijono, S. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Yaumi. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.