MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA NGOKO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan berbicara bahasa Jawa ngoko siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas IV SD Negeri 1 Kedungbanteng. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari 4 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungbanteng yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, tes berupa tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran bercerita berpasangan yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ngoko tentang cerita wayang pada siswa kelas IV. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pembelajaran pada masing-masing siklus. Ketuntasan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ngoko siswa dalam materi cerita wayang pada siklus I yaitu 68,56% dan pada siklus II yaitu 84,03%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan teknik bercerita berpasangan yang dilaksanakan dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ngoko tentang cerita wayang pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedungbanteng.
Kata Kunci: Bercerita Berpasangan; Keterampilan Berbicara; Bahasa Jawa Ngoko
Full Text:
140-146References
Kridalaksana. (2001). Wiwara Pengantar Bahasa Jawa dan Kebudayaan Jawa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lie, A. (2008). Mempraktikkan Kooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Lizawati. (2017). Peningkatan kemampuan bercerita menggunakan teknik paired story telling. 15(2), 223–232.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Suprijono. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan. (2007). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Anis Marfungah, Okto Wijayanti, Arifin Muslim