PENINGKATAN MOTIVASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SEKOLAH DASAR

Maya Agustina, Dhi Bramasta, Tri Yuliansyah Bintaro

Abstract


Kurang optimalnya motivasi siswa yang ditandai dengan kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa kurang aktif bertanya pada saat proses pembelajaran di kelas, siswa banyak bermain dengan teman sebangkunnya dan tidak memperhatikan materi yang sedang diajarkan pada saat proses pembelajaran berlangsung di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa menggunakan model pembelajaran kooperetif tipe Team Assited Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 35 yang terdiri dari 20 perempuan dan 15 laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan masing-masing peretemuan terdiri dari 6x35 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil motivasi siswa diperoleh dari angket. Pada siklus I angket yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran yaitu 2.44 dengan kriteria cukup baik. Pada siklus ke II motivasi siswa dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 3.19 dengan kriteria sangat baik. Motivasi yang muncul dari dalam diri siswa didorong dengan adanya semangat belajar yang dibangkitkan dari diri siswa itu sendiri dan di bantu oleh dorongan dari guru pada saat proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Motivasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI), Siswa Kelas V.

Full Text:

134-139

References


Ahmadi dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto,dkk. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarka : Gava Media

Fathurrohma,dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama

Sudjana, N. (2010). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.