PENERAPAN MODEL PROBING-PROMPTING LEARNING BERBANTU MEDIA ROPUTAR UNTUK MENINGKATKAN KERJA KERAS SISWA SEKOLAH DASAR

Intan Novitasari, Dhi Bramasta, Agung Nugroho

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya kerja keras siswa ditandai dengan siswa dalam menyelesaikan tugas tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan bahkan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru dan kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran di kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja keras siswa menggunakan Model Probing-Prompting Learning berbantu Media Roputar pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 24 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh untuk mengukur kerja keras siswa menggunakan pengamatan dan angket yang diberikan setiap akhir siklus. Adapun hasil dari siklus I diketahui: rata-rata keseluruhan angket kerja keras siswa sebesar 3,51 dengan kriteria tinggi. Hasil pada siklus II menunjukkan rata-rata keseluruhan angket kerja keras siswa sebesar 4,12 dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Probing-Prompting Learning berbantu Media Roputar dapat meningkatkan Kerja keras Siswa Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci :     Kerja keras, Model Probing-Prompting Learning, dan Media Roputar.


Full Text:

126-133

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. 1(1): 85-98

Arikunto, S & Suharjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diartini, R. (2017). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Probing Prompting Learning Berbantu Media Flash Card terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Promosi. 5(1): 57-63.

Jacobsen. (2009). Methods for Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesuma, D., Cepi Triatna, Johar Permana. (2012). Pendidikan Karakter: kajian teori dan praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniadewi,N. (2019). Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknodik. 23(1): 79-89

Lickona, T. (2015). Educating For Character. Jakarta: PT Bumi Aksara

Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Suharsono. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2(3): 278-289.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

Creative Commons License
Jurnal Elementaria Edukasia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.