STRATEGI GURU MENUMBUHKAN INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA DI SD NEGERI 1 KOBER

Hani Kurniati, Aji Heru Muslim, Santhy Hawanti

Abstract


Interaksi pembelajaran yang menjadi salah satu faktor yang menjadikan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Diperlukan strategi yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan interaksi siswa pada pembelajaran di sekolah dasar. Analisis data yang digunakan peneliti ini yaitu tahapan-tahapan pelaksanaan analisis tematik dari Hayes. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasih. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi guru dalam menumbuhkan interaksi siswa pada pembelajaran di sekolah dasar yang digunakan oleh guru menjadi tiga bagian, yaitu  1) Pembelajaran di luar kelas 2) pengaturan tempat duduk, 3) Penggunaan media pembelajaran.

 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Interaksi Siswa.


Full Text:

113-120

References


Alma, Buchari , 2010, Guru Profesional, Bandung: Alfabeta.

Ayu, Putu, dkk. 2015. Anlisis keterampilan Bertanya Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di kelas X TAV 1 SMK Negeri Singaraja. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha. 1,1.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Moedjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dos, Bulent, dkk. 20116. An analysis of teachers’ questioning strategies. Academic Journals. 1(22).

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khadija, (2016), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Citapustaka Media.

Lawrence, Arul & T.Hanitha. 2017. A study on Teachers motivational Strategi and Academi Achievement of Higher Secondary Student. A peer Reviewed Multidisciplinary Journal VI.1

Marno, M. Idris. 2008. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif & Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Meleong Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Mulyasa, 2013. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, 2010, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Pieter Herri Zan. 2012. Pengantar Komunikasi dan Konseling, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Poerwandari, E Kristi. 2017. Pendekatan Kualitatif dan Penelitian Psikologi, Bandung: LPSP3 UI

Sardiman, 2007, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saud, Udin Syaefudin, 2010, Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto & Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Uno B. Hamzah, & Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi

Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.