PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yunia Vindi Anggita, Arifin Muslim, Sony Irianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research Of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran matematika materi pengukuran sudut kelas IV sekolah dasar, penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug, UPK Kembaran, Kabupaten Banyumas dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 di kelas IV. Penelitian ini mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel, and Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate) dan uji coba produk menggunakan Lesson Study. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, yang meliputi tes evaluasi, angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap bahan ajar adalah 3,6 memiliki kriteria baik sehingga LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model discovery learning pada kelas IV dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika di sekolah dasar. Respon guru terhadap bahan ajar adalah 4,3 memiliki kriteria baik. Respon siswa terhadap bahan ajar adalah 93.3 dengan kriteria “setuju”. Pengembangan LKPD materi Pengukuran Sudut menggunakan model Discovery learning di kelas IV SD Negeri Ledug dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

 

Kata kunci: LKPD, Discovery Learning, Sekolah Dasar.

Full Text:

121-125

References


Akbar, S (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Heruman. (2010). Model pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prastowo, Andi (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta

Susanto (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif- progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada ktsp. Jakarta: Kencana

Yaumi. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.