PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Annisa Nur Faiqoh, Sony Irianto, Subuh Anggoro

Abstract


Peserta didik di era abad 21 saat ini dihadapkan pada era globalisasi yang memerlukan kemampuan yang memadai. Kemampuan berpikir tingkat tinggi telah diusung dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (developm), penyebaran (disseminate). Penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, penilaian guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V sekolah dasar dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melengkapi bahan ajar matematika di sekolah dasar, 2) penilaian validasi pakar/ ahli terhadap hasil pengembangan LKPD memperoleh rata-rata 3,76 yang berarti valid, 3) penilaian guru terhadap LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V memperoleh rata-rata 4,55 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, 4) respon peserta didik terhadap LKPD Matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Bangun Ruang di kelas V memperoleh rata-rata 3,55 yang berarti “Sangat Setuju”. Peserta didik antusias dan memperoleh keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga hasil evaluasi peserta didik juga baik.

 

Kata kunci: LKPD, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Bangun Ruang

Full Text:

103-106

References


Abizar, H. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.

Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Kencana.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for training techer of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annisa Nur Faiqoh, Sony Irianto, Subuh Anggoro

This Journal has been indexed by: