PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Diana Saputri, Sony Irianto Irianto, Tri Yuliansyah Bintaro

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD Materi jaring-jaring Kubus dan Balok berbasis model project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik di kelas V sekolah dasar; Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Banjarsari Kidul, UPK Sokaraja, Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 23 anak di kelas V. Penelitian ini mengacu pada model 4-D oleh S.Thiagarajan, Semmel yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), disseminate (pendesiminasian/ penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, yang meliputi, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi jaring-jaring kubus dan balok berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik. 2) Mengetahui penerapan materi jaring-jaring kubus dan balok berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik. 3) Mengetahui respon guru terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi jaring-jaring kubus dan balok berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik. 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi jaring-jaring kubus dan balok berbasis project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap LKPD adalah 3,67 memiliki kriteria baik. Respon guru terhadap LKPD adalah 4,15 memiliki kriteria baik. Respon peserta didik terhadap LKPD adalah 4,22 memiliki kriteria baik.

 

Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Jaring-jaring Kubus dan Balok, Matematika, Project Based Learning (PjBL), Pendekatan Saintifik


Full Text:

98-102

References


Abdullah, R, S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta; Bumi Aksara.

Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Jogjakarta: Diva Press.

Barlenti, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 05, no. 01 (81-86). [28 November 2018].

Barlenti, I. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Diakses Online: staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/ending-widjajanti-ifx-ms-dr/kualitas-lks.pdf[ 28 November 2018]




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

Creative Commons License
Jurnal Elementaria Edukasia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.