PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SCRAPBOOK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Ragil Restuningtyas, Aji Heru Muslim, Sony Irianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research of Development (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Scrapbook berbasis model problem based learning pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 kelas 3 sekolah dasar; Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ledug, UPK Kembaran, Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 27 anak di kelas 3. Penelitian ini mengacu pada model 4-D (four-D Model) oleh S.Thiagarajan, Semmel yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), disseminate (pendesiminasian/ penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, yang meliputi tes evaluasi, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil Penelitian ini menunjukan 1)kondisi awal bahan ajar pada kelas III sekolah dasar masih terbatas; 2) pengembangan bahan ajar Scrapbook berbasis model problem based learning memperoleh skor 4,3 atau masuk pada kriteria “Sangat baik”, 3) respon guru terhadap scrapbook berbasis model problem based learning mendapatkan nilai rata-rata yaitu 3,9 dengan kriteria “sangat baik”. 4) respon siswa terhadap scrapbook berbasis model problem based learning memperoleh  skor 98% maka dikategorikan “sangat setuju”. Produk pengembangan bahan ajar scrapbook berbasis model problem based learning dapat diterapkan oleh siswa sebagai bahan ajar yang kreatif dan  membantu proses pembelajaran lebih menyenangkan.

 

Kata kunci: Scrapbook, Problem Based Learning, Sekolah Dasar

Full Text:

94-97

References


Hardiana, I. (2015). Terampil Membuat 42 Kreasi Mahar Scrapbook. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pudjosumedi,dkk..(2015). Profesi Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press

Shoimin, A (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta

Tohir, M (2016). Hasil PISA Indonesia Tahun 2015 Mengalami Peningkatan. Jurnal researchgate. (1-2)

Trianto ( 2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.