IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUGANANGAN

Ading Muslihudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 suganangan dibuktikan dengan kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Discovery Learning berbantu media video di kelas V SD Negeri 1 Suganangan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 1 suganangan yang berjumlah 27 peserta didik dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes.Indikator dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sekurang-kurangnya 75% dari seluruh jumlah peserta didik mencapai KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantu media video dapat meningkatkan hasil hasil belajar peserta didik dibuktikkan dengan hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 76,42 dengan presentase ketuntasan sebesar 61,5%, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 74,36 dengan presentase ketuntasan sebesar 75,89%.

Kata kunci : Discovery Learning, Media Video, Prestasi  Belajar.


Full Text:

74-86

References


Arief S. Sadiman dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung :Alfabeta, CV

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh & Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT Refika Aditama

In’am, Akhsanul & Siti Hajar.2017..Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientidic Approach.International Journal of Instruction. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientidic Approach Vol 10 No 1

Johari, Andriana dkk. 2014. Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Mechanical Engineering Education. Vol 1 No 1 Hal 10

Ma’as & Shobirin. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda

Rumini & Naniek Sulistya Wardani 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SD N Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Ajaran 2014-2015.Shcolaria.Vol 6 No 1

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborath L,.Russel, James D. 2011. Insturctional Technology And Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2013.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Treadwell, Julie. “The Impact of Discovery Learning in Writing Instruction on Fith-Grade Student Achievment.”Journal of Elementary and Secondary Education. Vol 3 No 4

Toenlioe,Anselmus JE. 2016. Teori dan Filsafat Pendidikan. Malang : PENERBIT GUNUNG SAMUDERA

Yupita, Ina Azariya & Waspodo Tjipto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPGSD. Vol 01 No 02

Zen, Zelhendri& Syafril. 2017. Dasar – dasar Ilmu Pendidikan. Depok :Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i1.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

Creative Commons License
Jurnal Elementaria Edukasia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.