PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SD NEGERI DAWUHAN

Agus Dwijayanto, Karma Iswasta Eka, Tri Yuliansyah Bintaro

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini menerapkan  model pembelajaran inkuiri  untuk  meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar  pada tema Kayanya Negeriku. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar dan sikap peduli lingkungan siswa yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan nilai ulangan siswa yang menunjukkan bahwa 60% dari jumlah seluruh siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Subjek penelitian  ini  yaitu  siswa  kelas  IV SD  Negeri  2 Dawuhan Kulon tahun  pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini  dilaksanakan  dalam  2  siklus,  setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi.  Instrumen  pengumpulan data  yang digunakan  yaitu lembar observasi,  skala sikap   serta soal evaluasi. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan ketuntasan pada siklus I pertemuan 1 sebesar 23,5%  dan pertemuan 2 sebesar 58,8%. Siklus II pertemuan 1 sebesar 82% dan pertemuan 2 sebesar 100%. Perolehan ketuntasan belajar pada akhir siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu >80%.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat  meningkatkan  sikap  peduli lingkungan  dan  prestasi  belajar  siswa  pada  tema Kayanya Negeriku, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.


Full Text:

107-112

References


Arifin. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad ke 21. Bogor:Ghalia Indonesia

Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi di Sekolah. Jakarta : PT. Grasindo

Trimutiasari, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Modul Program KRPL Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Vol. 1 No. 6. Hal. 1185-1190.

Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Zubaedi. 2011. Design Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.