PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS 4 SD

Siti Nur Khoirunimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tema 6 Cita-citaku Sub Tema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-cita siswa kelas 4 SDN 2 Kalinanas melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 Kalinanas Kabupaten Boyolali. Untuk mengukur motivasi siswa dalam belajar menggunakan teknik nontes atau menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari pra siklus motivasi belajar pada kategori sangat termotivasi 0%, pada siklus I meningkat menjadi 40% disiklus II meningkat lagi menjadi 68%, untuk kategori termotivasi prasiklus diperoleh 8%, pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 32% dan siklus II menurun menjadi 20%, untuk kategori cukup termotivasi pra siklus terdapat 28% dan siklus I menurun menjadi 16%,  pada siklus II  menurun lagi menjadi 12%, pada kategori tidak termotivasi pada pra siklus  52% siklus I terdapat menurun menjadi 12%, pada  siklus II tidak ada data atau  0%, pada kategori sangat tidak termotivasi pra siklus terdapat 12% , pada siklus I dan siklus II tidak ada siswa yang dikategorikan sangat tidak termotivasi. Selain itu,  hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari penelitian pra siklus sebelum adanya tindakan dengan ketuntasan berjumlah 8 siswa atau 32% , siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus  I meningkat menjadi18 siswa atau 72% pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa atau 88% yang  telah tuntas mencapai KKM, untuk mengukur hasil belajar siswa tersebut menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio Dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa , 3(1) 246-256.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar[A Meta-Analysis Of Problem-Based Learning]. Junal Ilmiah, 9-18.

Ismanto, B. Kristin, F. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL). Holistik Jurnal Ilmiah PGSD, 114-124 Oleh Wisnu Sudarsono.

Kristin, F. Anugraheni ,I. (2018). Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Genting 01. Jurnal Sains Dan Teknologi, (82-88) Oleh Tri Utami.

Iswardani N. Djukri. (2015). Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan, 149-159.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1).

Kristin, F. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tridarma Wirajaya. Elementary School (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke- SD-An, 3(1).

Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV. Jurnal Mitra Pendidikan, 345-354 Oleh Yunida Ika Nursanti.

Kristin, F. (2017). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Kelass V . Jurnal Pendidikan Dasar, (44-53) Oleh Endah Sulistyorini.

Juliyanto & Wijayanti Dwi, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Pgsd Fip Universitas Negeri Surabaya, 2(2).

Sari, D. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, (10-15).

Rahayu, S., & Wasito. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Think Pair Share Siswa Kelas 4 SDN Sidorejo Lor 1 Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan Berkarakter, (133-142) Oleh Gemi Sumarliningsih.

Asma, Nur. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.