PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY SEKOLAH DASAR

Yunita Ery Setyowati, Stefanus C. Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan menggunakan model Two stay Two stray pada  muatan  IPA yang ada diTema 7 subtema2 dan 3. Jenis penelitian yang di gunakan  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek penelitian siswa kelas 4 SD Negeri Kecandran 01 Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal tes, dan nontes berupa rubrik. Persentase hasil pengukuran keaktifan siswa mengalami peningkatan dari prasiklus dengan presentase 17,65%  pada siklus I dan meningkat menjadi 55,88%, dan kembali meningkat menjadi 85,80% di siklus ke II. Hasil belajar pada prasiklus, siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 15  siswa dengan persentase 44,20%. Terjadi peningkatan disiklus I menjadi 22 siswa dengan persentase 64,70%, dan kembali meningkat di siklus II menjadi 30 siswa persentase 88,20%. Dengan demikian Model Two Stay Two Stray dikatakan berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini di karenakan keaktifan siswa meningkat dari banyak yang tidak aktif menjdi aktif, hasil belajarnya pun meningkat sehingga banyak siswa yang mendapat nilai di atas KKM yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci:Proses dan Hasil Belajar, Keaktifan, Two Stay Two Stray, IPA

Full Text:

PDF

References


I Wayan Rediarta DKK, 2014. Pengaruh Model Kooperatif two Stay two Stray Terhadap Hasil BelajarIPA .JurnalMimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2):1-11

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafinda Persada.

Rusman, 2012 Model-model Pelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru .Jakarta:PT Raja Grafindo

Sutiyono, 2011. Peningkatan Kemampuan Mendiskripsikan Jenis Simbiosis melalui Cooperatif Learning Two Stay Two stray Pada Siswa Kelas IV SD 2 besitotahun Pelajaran 2011/2012. Kudus

Slavin, R.E. 1995. Cooperative laerning: Theory, Research, and P ractice. Secon edition. Boston: Allyn and Bacon.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Prenademedia Group

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada media Group.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Trianto, (2009).Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.