MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dede Salim Nahdi

Abstract


Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi era pendidikan 4.0. Proses pembelajaran di kelas memiliki peran besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun demikian, kemampuan berpikir tingkat tinggi bukan merupakan dampak langsung dari suatu proses pembelajaran. Kemampuan ini terbangun melalui aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mendayagunakan kemampuan berpikir tingkat tingginya.  Oleh karena itu, kemampuan berpikir tingkat tinggi harus dilatih dan dikembangkan melalui pembelajaran di kelas. Diperlukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam bentuk menjawab pertanyaan-pertanyaan inovatif seperti: (1) Adakah Cara lain? (What’s another way?), (2) Bagaimana jika…? (What if …?), (3) Manakah yang salah? (What’s wrong?), dan (4) Apakah yang akan dilakukan? (What would you do?).

 

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Anderson L.W. dan Krathwohl D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing;A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. Addison Wesley Lonman Inc. New York.

Djidu, H. & Jailani. (2016). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4, No. 2. Hal 143-156.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Krulik, S & Rudnick. (1999).” Innovative Taks to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Develoving Mathematical Raesoning in Grades K-12”, pp.138-145.

Sumarmo, U., & Nishitani, I. (2010). High level mathematical thinking: Experiments with high school and under graduate students using various approach and strategies . Diakses pada 6 April 2019, dari https://goo.gl/5ilIwi.

W. Conklin & J. Manfro. (2012). Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.