UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dede Nurjaman

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SD Negeri Cilangcang diketahui bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru masih menggunakan sistem mengajar konvensional yang bersifat guru sentris dan belum melaksanakan pembelajaran inovatif. Siswa hanya mendapat teori dari guru dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cilangcang pada siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh adalah: 1) hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 57,30% dengan kategori kurang, siklus II memperoleh 65,62% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 82,30%; 2) Hasil observasi kegiatan guru pada siklud I memperoleh nilai persentase 65,62% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh 84,38% dan meningkat pada siklus III menjadi 96,88% dengan kategori baik sekali; 3) hasil belajar yang berupa kemampuan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 58,33% atau 14 siswa tuntas dengan kategori kurang, siklus II memperoleh 70,83% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 83,33% atau 20 siswa tuntas dengan kategori baik dengan KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kemampuan berbicara siswa melalui model Cooperative Learning Type Talking Stick dapat meningkat kegiatan siswa, kegiatan guru, dan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Cilangcang.                      

Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsjad, M dan Mukti U.S. (2006). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Badriah, D.L. (2012). Fisiologi Olahraga dan Persepektif Teoritis dan Praktik. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Cahyaningsih, P.D. (2011). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Jatimulyo Kota Malang (Skripsi). Malang: Universitas Negeri Malang.

Depdikbud. (1992). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. (2004). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

. (2006). Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Haryadi. dan Zamzami. (2008). Peningkatan kemampuan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Hikmat. dan Solihati. (2013). Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Keraf, G. (2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulus 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, dkk. (2008). Problematika Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet, St.Y. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastera Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LLP UNS dan UNS Press.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2010). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yudhistira. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Apik. Jakarta: PT Gramedia.

Yustika, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Maron (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.