UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Winda Sri Gusviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak berdasarkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri Maja Selatan V dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Metode CIRC ini lebih menekankan kepada kerja kelompok secara heterogen sebagai sarana memperkenalkan teknik terbaru dalam pengajaran praktis pembelajaran membaca dan menulis, sehingga memudahkan siswa untuk memahami isi teks bacaan yang telah dibaca. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Maja SeLatan V Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 pemahaman membaca siswa mencapai 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 80%. Kemampuan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 45% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 72%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode CIRC, karena penggunaan metode ini menitik beratkan kepada keaktifan siswa sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak di kelas IV SD Negeri Maja Selatan V Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka.

 

 

Kata Kunci: metode CIRC, kemampuan membaca pemahaman, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2006a). Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Budiasih. (2008). Konsep Pemahaman. Bandung: Alfabeta.

Burns. (2010). Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku). Jakarta: Arcan.

Dadang. (2013). Kemampuan Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmiyati (2008). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS

Depdiknas. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Ginting. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hadiati. (2009). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Harjasujana. (2012). “Bahan Ajar Membaca dan Keterbacaan” dalam Membaca 2. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Ngalimun. (2015).Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhadi. (2010). Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sabaiti. (2009). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadhono. (2012). Pengantar Teori Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Santosa. (2010). Manfaat Membaca. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Slavin. (2008). Cooperative Learning: theory, research and practice ( Buku Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktek ). Penerjemah : Narulita Yusron Bandung: Nusa Media.

Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suprijono.(2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Suyatmi. (2009). Membaca I. Surakarta: UNS Press.

Syafi’ie. (2008). Membaca Pemahaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan. (2008). Membaca: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pardjono,dkk (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Patton. (2008). Belajar Bahasa. Bandung: Alfabeta.

Wasisto. (2013). Publikasi Karya Ilmiah dalam Peningkatan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Yogyakatya: Graha Cendekia.

Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Zuhairi. (2008). Metode- Metode Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.