MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

Lilis Evih

Abstract


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masahindu,Budha Dan Islam Di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Group Investigation (Gi) Di Kelas V Sdn Kagok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Meningkatnya pemahaman siswa terhadap konsep tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan Islam di Indonesia. (2) Mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe Group Investigationdalam menerapkan konseptokoh-tokoh sejarah pada masa hindu,budha dan islam di Indonesia. (3) Meningkatnya hasil belajar siswa tentang konsep tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan islam di Indonesia melalui pembelajarankooperatif (cooperative learning) tipe Group Investigation di kelas V SD Negeri Kagok. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kagok. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 42,72; kemudian pada tes siklus pertama 70,45; menjadi 82,72 pada siklus kedua, (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 36,36%; dan pada tes siklus pertama 81,82%; kemudian pada siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan  Pembelajaran Kooperatif  (Cooperative Learning) Tipe Group Investigation (GI) mampu meningkatkan kemampuan siswa tentang Konsep Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masahindu,Budha Dan Islam Di Indonesia kelas V SDN Kagok Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2018, Program Studi PGSD Universitas Majalengka. All Rights Reserved.