PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI OBAT PASIEN RAWAT INAP (STUDI KASUS : RSUD CIDERES KADIPATEN)

Nunu Nurdiana

Abstract


Bentuk pelayanan rumah sakit yang paling utama adalah memberikan pengobatan. Permasalahan yang timbul yaitu terjadi kesalahan pemberian obat, tetapi bukan dari kesalahan resep obat melainkan karena kesalahan distribusi obat yang kurang tepat sasaran dan pengelolaan data distribusi obat pasien rawat inap. Dimana jika ada pasien yang ingin menanyakan kapan obat datang, jenis obatnya apa saja, pada tanggal berapa itu sulit untuk mencari datanya. Begitu pula dengan data riwayat pemberian obat pasien. Pasien ataupun dokter harus datang kepada bagian administrasi atau rekam medis dan meminta buku Medical Record jika ingin mengetahui dan membutuhkan data tersebut. Pembuatan aplikasi sistem informasi distribusi obat pasien rawat inap memungkinkan dilakukannya inventarisir obat, distribusi obat, dan mutasi obat. Proses peringatan yang ada pada sistem akan sangat membantu pengguna dalam pengawasan terhadap obat-obat yang kadaluwarsa dan mencapai minimum stok. Laporan pengadaan, dan distribusi dengan periode per bulan yang dihasilkan sistem, membantu untuk kontrol dan monitoring persediaan obat.

Keywords


Sistem Informasi, Distribusi Obat Pasien, Rawat Inap, MVC, Framework Codeigniter

Full Text:

PDF

References


A Muftiraeni, dkk, 2013, Analisis Pengembangan Sistem Informasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Komputer Hasanuddin.

Adi, Trisno, 2010, Sistem Distribusi Obat Di Rumah Sakit Santa Maria Pemalang, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.

Al Fatta, Hanif, 2007, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, ANDI, Yogyakarta.

A.S. Rosa, M. Shalahuddin, 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), MODULA, Bandung. B, Al - Bahra bin Ladjamuddin, 2004, Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya, GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Deacon, J. 2009. ”Model-View-Controller (Mvc) Architecture”. Joan Deacon Computer Systems Development, Consulting & Training.

Fadhihansah Afiqie,dkk. (2014). Rancang Bangun Sistem Enterprise Rumah Sakit Dengan Menggunakan Design Pattern Model View Controller (MVC),Program Studi Informatika Universitas Brawijaya Malang.

Fatansyah, 2012, Basis Data, INFORMATIKA, Bandung.

Gumilar Sulung Bagja, Gilar, 2007, Membangun Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Cibaregbeg, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia.


Refbacks



Copyright (c) 2018 Nunu Nurdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.