PERANCANGAN VISUALISASI MATERI PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGENAI ANATOMI OTAK MANUSIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

Nunu Nurdiana, Fachry Fachrezza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perancangan visualisasi media pembelajaran biologi mengenai anatomi otak manusia mengunakan Adobe Flash CS3yang merupakan visualisasi media pembelajaran berbasis multimedia diharapkan peserta didik tidak bosan dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran danmateri yang disajikan diharapkan dapat lebih interaktif menarik dan mudah dipahami. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan ahli media masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,41 dan persentase kualitas media 88,09%. Berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,21 dengan persentase kualitas media 84,5%. Berdasarkan uji coba siswa/responden, media pembelajaran ini masuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 3,78 dengan persentase kualitas media 76,5% Jadi berdasarkan ahli media, materi, dan responden maka perancangan visualisasi media pembelajaran biologi megenai anatomi otak manusia ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa

Keywords


Visualisasi, Materi Pembelajaran;Biologi;Anatomi Otak Manusia;Adobe Flash CS3

Full Text:

PDF

References


Stuart K., Jock D. Mackinlay, and Ben Shneiderman, eds. Readings in information visualization: using vision to think. Morgan Kaufmann, 1999

Sutopo, Ariesto Hadi. "Multimedia interaktif dengan flash." Yogyakarta: Graha Ilmu (2003).

Warsita, Bambang. "Teknologi Pembelajaran (Cet. I)." Jakarta: Rineka Cipta (2008).

Iswidayati, Sri. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Budaya." Bahan ajar PPG-LPPP Pendidikan Seni Rupa FBS Unnes (2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v3i2.693

Refbacks



Copyright (c) 2017 Nunu Nurdiana, Fachry Fachrezza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.