Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan

Sandi Fajar Rodiyansyah

Abstract


Seiring semakin banyaknya ketersediaan data dari hasil aktifitas manusia yang dibantu teknologi informasi, maka diperlukan suatu sistem untuk dapat menghasilkan informasi dan pengetahuna yang terkandung dalam limpahan data tersebut. Teknik data mining memungkinkan untuk menghasilkan pengetahuan dari tumpukan data tersebut yang selama ini tidak dapat diketahui secara manual. Salah satu data yang setiap hari terus bertambah adalah data transaksi penjualan suatu perusahaan dagang. Dengan melakukan data mining pada data transaksi penjualan tersebut diharapkan dapat menghasilkan pengetahuan mengenai pola pembelian oleh konsumen. Pada akhirnya pola yang ditemukan ini dapat digunakan sebagai penjunjang keputusan manajer dalam mengelola aktifitas perusahaannya. Penelitian ini mencari aturan asosiasi menggunakan algoritma apriori.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/inf.v1i2.42

Refbacks



Copyright (c) 2016 Infotech Journal