Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus : Universitas Majalengka)

Ade Bastian

Abstract


Kegiatan usaha dalam sebuah perusahaan atau instansi saat ini memiliki persaingan yang tinggi. Perusahaan tidak hanya dituntut memiliki strategi bisnis. Seiring dengan dengan perkembangan teknologi informasi, perusahaan juga harus menyusun strategi sistem informasi yang berlandaskan strategi bisnis yang telah perusahaan tersebut susun. Tujuan perancangan strategi bisnis dan strategi sistem informasi ini adalah untuk memperkuat kekuatan daya saing dalam era teknologi dengan mengimplementasikan sistem informasi yang strategis dengan mempertimbangkan dan menyelaraskan strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi kekuatan perusahaan.
Lembaga pendidikan sebagai perusahaan penyedia jasa pendidikan juga harus mempertimbangkan strategi bisnis dan strategi sistem informasi untuk memperkuat persaingan. Universitas Majalengka sebagai institusi pendidikan di Kabupaten Majalengka memiliki visi dan misi organisasi yang dirancang berdasarkan analisa organisasi dan persaingan lembaga pendidikan di luar Universitas Majalengka. Visi dan misi tersebut dianalisa menggunakan model strategic option generator (SOG) untuk menentukan strategi bisnis yang tepat. Untuk meraih visi dan misi, harus dirancang pula strategi sistem informasi menggunakan model balanced scorecard (BSC). Kemudian strategi bisnis yang dihasilkan diselaraskan dengan strategi sistem informasi untuk menghasilkan perencanaan implementasi yang memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage).
Penelitian ini menghasilkan matrik strategi sistem informasi dan strategi bisnis Universitas Majalengka dan dijabarkan dengan future application portofolio. Hasil penelitian kemudian dibuat rencana implementasi untuk menentukan ketepatan penerapan yang mempetimbangkan sumber daya, biaya, dan waktu penerapan.


Full Text:

PDF

Refbacks



Copyright (c) 2016 Infotech Journal